Minggu, 28 Juni 2009

Pengelompokan Software Aplikasi Pemrograman di Linux

Sebenarnya, di Linux banyak banget bahasa pemrograman dan pendukung lainnya seperti database server dan IDE, bahkan banyak banget yang gratis.
Tool untuk pengembangan aplikasi teks, misalnya :
1. Free Pascal, jadi nggak perlu pake Turbo Pascal lagi, perintah-perintahnya persis sama. Download aja di http://freepascal.org
2. GCC dan G++, inilah compiler C dan C++ yang sangat mendunia dan tua di Unix (Linux, FreeBSD dan marga *Nix lainnya). Biasanya sudah terinstal, atau kalo belum bagi g++, jika menggunakan paket Fedora (termasuk Redhat, CentOS), SuSE, Debian (yang full, atau Ubuntu dengan Repo), silakan langsung diupdate.
3. Shell programming, seperti batch file di DOS tapi jauh lebih lengkap.
4. Python, Perl, Ruby, ini sudah umum di Linux…yang terakhir memang masih kurang penggunanya. Python dan Perl banyak digunakan untuk mengadmnistrasi sistem, termasuk bikin Mail Server, Bandwitdh management, network management, dll.

untuk aplikasi grafis, misalnya:
1.Gambas, VB-nya Linux
2.Lazarus, Delphi under Linux. Download di http://lazarus.freepascal.org. Dulu ada Kylix, keluaran borland tapi nggak update dan sepertinya dah mati.

Ada yang lain? :t untuk pemrograman GUI juga bisa pake Python yang dipadukan dengan GTK atau C++ dengan library QT. Pokoknya banyak pilihan, tapi dua yang terakhir perlu jiwa heroik dikit :D . Mau pake PHP bikin aplikasi grafis juga bisa, padukan dengan GTK.

Ada bahasa lain yang belum disebut, yaitu Java dan PHP. PHP banyak digunakan untuk membangun aplikasi web karena simple, termasuk kemudahan konek ke database, apalagi ke MySQL. Ada juga Perl untuk web, tapi kurang ngetop sejak ada PHP.

Kalo Java? :t itu masih serba bisa, mau teks based OK, grafis jalan, web juga bisa. Kalo teks, pemrogramannya lebih sederhana. Kalo grarif pakai library Swing tapi tetap agak repot. Gampangin pake IDE Eclipse atau Netbeans yang keduanya gratis…tis…tis. Kalo untuk web, hasilnya dapat applet, servlet atau script JSP (ini juga diterjemahkan ke servlet saat eksekusi).

Di Linux tuh lengkap banget. Kalo database server yang ngetop itu MySQL yang sangat cepat dan mudah digunaan. Ada juga PostGreSQL yang sedikit lebih sulit tapi super lengkap.. kalo dilengkapin :D . Ada database dari Oracle, namanya BerkeleyDB, versi Embedednya malah free dan langsung dapat disatukan ke dalam program Java. Oh ya..kalo tertarik dengan dot Net juga ada, namanya Mono.

nyontek dari : "http://komputasi.wordpress.com/-" :z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar